Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Gelar Program Jaksa Masuk Sekolah di Batam: Pencegahan Narkotika dan Perundungan Menjadi Fokus Utama

Tim Jaksa Masuk Sekolah Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau memberikan penyuluhan hukum di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 8 Batam mengenai pencegahan narkotika dan perundungan, Kamis (10/10/2024).

Batam, 10 Oktober 2024 – Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau melalui Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (BINMATKUM) sukses menyelenggarakan kegiatan penyuluhan hukum "Program Jaksa Masuk Sekolah" di dua sekolah, yakni SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 8 Kota Batam, Kamis (10/10/2024). Program ini mengangkat tema penting tentang "Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Narkotika serta Perundungan (Bullying)" sebagai upaya membentuk karakter revolusi mental dan meningkatkan kesadaran hukum bagi para siswa.

Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau melaksanakan Program Jaksa Masuk Sekolah di Batam dengan tema pencegahan narkotika dan perundungan, bertujuan meningkatkan kesadaran hukum siswa SMA.


Koordinator Bidang Intelijen Kejati Kepri, Anang Sihartono, S.H., M.H., bersama Kasi Penerangan Hukum Yusnar Yusuf, S.H., M.H., menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Mereka memaparkan bahaya narkotika dan dampak perundungan (bullying) yang bisa mempengaruhi kesehatan mental, prestasi akademis, dan masa depan siswa.

Anang Sihartono dalam penjelasannya menekankan, “Perundungan adalah perilaku agresif yang terjadi berulang kali dan dapat menyebabkan ketakutan permanen pada korbannya. Bullying bukan hanya menyakiti secara fisik, tetapi juga secara mental dan emosional.” Sementara itu, Yusnar Yusuf memaparkan perbedaan narkotika dan psikotropika serta dampak merusak dari penyalahgunaannya. Ia juga mengingatkan tentang ancaman pidana berat bagi pelaku penyalahgunaan narkotika, yang bisa mencapai hukuman mati.

Kegiatan ini diikuti oleh 200 siswa di SMA Negeri 1 Batam dan 70 siswa di SMA Negeri 8 Batam. Dalam sesi tanya jawab yang interaktif, para siswa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai perundungan dan narkotika, serta langkah-langkah yang bisa diambil untuk mencegahnya.

Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Gelar Program Jaksa Masuk Sekolah di Batam: Sosialisasi Pencegahan Narkotika dan Perundungan untuk Generasi Muda


Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini diapresiasi oleh pihak sekolah dan perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau yang hadir, termasuk Kepala Sekolah SMAN 1, Bachtiar, M.Pd, dan Kepala Sekolah SMAN 8, Elmi, S.Pd. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran hukum di kalangan generasi muda, khususnya dalam menghadapi ancaman narkotika dan perundungan di lingkungan sekolah.

Kejaksaan, Jaksa, Narkotika, Perundungan, Program Jaksa Masuk Sekolah, Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, Batam


Lebih baru Lebih lama
sidoarjofile.com - Menguak Yang Tersembunyi