Wakil Jaksa Agung Beri Arahan di Coaching Clinic Reformasi Birokrasi 2024

Wakil Jaksa Agung Feri Wibisono Beri Arahan pada Coaching Clinic Reformasi Birokrasi di Kejaksaan RI (9/7/2024)


Jakarta, 9 Juli 2024 - Bertempat di Hotel Santika Premier, Slipi, Jakarta, Wakil Jaksa Agung Feri Wibisono membuka sekaligus memberikan arahan pada kegiatan Coaching Clinic Kepatuhan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Kejaksaan Republik Indonesia. Acara yang berlangsung pada Selasa ini dihadiri oleh para Sekretaris Jaksa Agung Muda, Kepala Pusat Penerangan Hukum, Kepala Pusat Data Statistik Kriminal dan Teknologi Informasi, serta para peserta coaching clinic dari berbagai wilayah.

Dalam sambutannya, Wakil Jaksa Agung menekankan pentingnya pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang telah berjalan lama di lingkungan Kejaksaan RI. Menurutnya, reformasi birokrasi kini lebih fokus pada hasil dan dampak yang dicapai daripada hanya sekadar pelaksanaan prosedur. "Peningkatan nilai reformasi birokrasi menjadi salah satu syarat untuk meningkatkan tunjangan kinerja di Kejaksaan RI, sehingga diperlukan optimalisasi di segala aspek," ujarnya.

Wakil Jaksa Agung menjelaskan bahwa konsep Reformasi Birokrasi dibagi menjadi dua kategori, yaitu Reformasi Birokrasi General dan Reformasi Birokrasi Tematik. Keduanya menekankan capaian aspek meso dan tematik yang berkaitan dengan program prioritas nasional Presiden. Hasil pemantauan dan evaluasi reformasi birokrasi tahun 2023 menunjukkan adanya peningkatan di beberapa indeks, meski masih ada nilai indeks yang perlu diperbaiki.

"Aspek Reformasi Birokrasi General di Kejaksaan RI merupakan bagian dari 24 indeks yang diampu oleh berbagai kementerian dan lembaga. Secara keseluruhan, ada peningkatan nilai indeks yang baik, namun masih ada beberapa yang berada di bawah rata-rata capaian," tambahnya.



Selain menekankan pentingnya reformasi birokrasi, Wakil Jaksa Agung juga menyoroti program-program lain yang berhubungan dengan pelaksanaan perintah Presiden dan Jaksa Agung, serta pelaksanaan Rencana Aksi Nasional dan Strategi Nasional yang ditugaskan kepada Kejaksaan RI. Kepatuhan internal juga menjadi fokus utama dalam mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Kejaksaan.

Para peserta coaching clinic, termasuk para Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi, mendapat pengetahuan dan arahan langsung dari Wakil Jaksa Agung untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan reformasi birokrasi. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Kejaksaan RI dapat terus meningkatkan performa dan integritasnya dalam melayani masyarakat dan menjalankan tugas negara.

Kepala Pusat Penerangan Hukum, Dr. Harli Siregar, S.H., M.Hum., juga hadir dalam acara tersebut dan menyampaikan pentingnya kolaborasi dan komitmen seluruh jajaran Kejaksaan dalam mendukung reformasi birokrasi. Dengan semangat bersama, Kejaksaan RI optimis mampu mencapai target-target yang telah ditetapkan dan terus berkontribusi positif bagi pembangunan nasional.(Ac)
Lebih baru Lebih lama
sidoarjofile.com - Menguak Yang Tersembunyi